Senin, 26 Desember 2016

SejarahTambang emas Cikotok Lebak-Banten

foto kunjungan presiden pertama RI Ir Soekarno di tambang  emas cikotok 

   

Cikotok merupakan sebuah desa kecil di kecamatan Bayah, Lebak Selatan, atau kurang lebih 130 km di Selatan Rangkasbitung, Banten. Tambang emas cikotok bermula dari penemuan endapan emas dan batubara di kawasan Bayah,Cimandiri, Cikotok dan sekitarnya oleh tim geologis Belanda di tahun 1839 yang terdiri dari Horner Hasakasi, Junghun Verbeek, Fennema van Es dan Zugler. Penemuan tim ini diteliti lebih lanjut di tahun 1924 oleh Ir. WF Oppennoorth dan dipublikasikan dalam laporan Dinas Pertambangan berjudul “Verslagen enMededelingen” (Laporan dan Pengumuman) No. 20. Eksplorasi dikembangkan di tahun1933 dengan pembuatan peta geologi oleh Koolhoven.

Pada tahun 1936, dimulai pembangunan pabrik emas berlokasi diPasir Gombong dan Cikotok oleh perusahaan Belanda Naamloze VennootschapMijnbouw Maatschappij Zuid Bantam (NV MMZB). Produksi dihentikan pada tahun1939 ketika berkecamuk Perang Dunia II. Ketika Jepang menduduki Indonesia, tambang tersebut diambil alih oleh perusahaan Mitsui Kosha Kabushiki Kaisa.Tujuan utama perusahaan Jepang tersebut adalah  menambang timah hitam dari tambang Cirotan untuk keperluan perang.

Setelah Indonesia merdeka, tambang Cikotok beralih di bawah pengawasan Jawatan Pertambangan Republik Indonesia sampai dengan 1948. Pada tahun 1950, selama agresi Belanda, tambang Cikotok dikuasai lagi oleh Belanda dan dijual ke NV Perusahaan Pembangunan Pertambangan yang didirikan oleh Bank Industri Negara yang belakangan beralih nama menjadi Bank Pembangunan Indonesia. Setelah proses rehabilitasi, akhirnya tambang kembali berproduksi pada tahun 1957 dan pada tanggal 12 Juli 1958 resmi berdiri NV Tambang EmasTjikotok. Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1960, pertambangan emas Cikotok diubah statusnya menjadi PN Tambang Emas Tjikotok, bagian dari BPU Pertambun. Pada tanggal 5 Juli 1968, bersama dengan perusahaan pertambanganlain, PN Tambang Emas Tjikotok menjadi bagian dari PN Aneka Tambang dengan nama Unit Pertambangan Emas Cikotok. 


Foto Febriany Mustikawati.Image result for cikotok 
Image result for cikotok

1 Comment:

  1. Unknown said...
    Waduh ane

Post a Comment



By :
Free Blog Templates