Senin, 26 Desember 2016

SARANA-SARANA UNTUK MEMBENTENGI DIRI DARI MASUKNYA SETAN


Dari pintu manakah setan/iblis mendatangi manusia, maka ia ternyata datang dari 10 pintu :

1. Ambisi dan buruk sangka, maka saya menghadapinya dengan sikap percaya dan menerima.

2. Kecintaan kepada hidup dan panjang angan-angan, maka saya menghadapainya dengan rasa takut terhadap datangnya kematian secara tiba-tiba.

3. Keinginan untuk santai dan senang-senang, maka saya menghadapinya dengan menyadari akan hilangnya nikmat dan keburukan hisab.


4. Bangga diri, maka saya menghadapinya dengan mengingat karunia dan rasa takut kepada akibat yang akan menimpa.


5. Sikap meremehkan dan kurang menghargai orang lain, maka saya menghadapinya dengan mengenali hak dan kehormatan mereka.


6. Dengki, maka saya menghadapinya dengan sikap menerima dan rela dengan pembagian yabg diberikan Allah Swt. kepada makhluk-makhlukNya.


7. Riya dan keinginan dipuji manusia, maka saya menghadapinya dengan keikhlasan.


8. Kikir, maka saya menghadapinya dengan menyadari sirna (fana)-Nya semua yang ada di tangan makhluk dan kekalnya yang ada di sisi Allah Swt.


9. Sombong, maka saya menghadapinya dengan sikap rendah hati.


10. Tamak, maka saya menghadapinya dengan percaya dengan apa yang ada di sisi Allah dan sikap zuhud terhadap apa yang menjadi milik manusia.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates